Mitra UKM Syariah Berbisnis Jadi Lebih Berkah

Mitra UKM Syariah Berbisnis Jadi Lebih Berkah

Assalamu Alaikum Wr.Wb. Selamat Datang Di Web Mitra UKM Syariah Berbisnis Jadi Lebih Berkah.

mitra-ukm-syariah

MitraUKMSyariah.Com merupakan Media Online yang fokus pada Kemitraan UKM,Edukasi Bisnis (Pembelajaran),Promosi Online dan Komunitas UKM Dengan Prinsip Syariah

Pembelajaran yang kami berikan dalam bentuk Artikel Bisnis, Ebook Bisnis, Video Bisnis, Majalah Bisnis, Seminar, dan Pelatihan yang merupakan hasil Liputan/ Wawancara langsung pengalaman para Pelaku Bisnis (Praktisi).

Selain itu, MitraUKMSyariah.Com diharapkan dapat menjadi tempat Silaturahmi dan berkumpulnya para pelaku usaha sebagai media untuk dapat saling berbagi, bersinergi, sehingga terbentuknya jaringan/ komunitas UKM yang kuat.

Di MitraUKMSyariah.Com, Anda bisa “Belajar Bisnis dan Mengembangkan Bisnis ANDA menjadi lebih Berkah Dengan  Prinsip Syariah !” Ingat !! Hanya di Mitra UKM Syariah Berbisnis Jadi Lebih Berkah 

Tim MitraUKMSyariah.Com

Kendala Di Lapangan Bisnis Online Dan Solusinya

Kendala Di Lapangan Bisnis Online Dan Solusinya

Kendala Di Lapangan Bisnis Online Dan Solusinya – Memulai bisnis online tidak jauh berbeda dengan bisnis offline, yang membedakannya hanya cara memasarkan produk mereka saja. Bila pelaku bisnis offline memasarkan produk atau jasa dengan bertemu langsung kepada konsumennya, maka pada bisnis online konsumen bisa membeli sebuah produk melalui jarak jauh tanpa harus bertemu langsung dengan penjualnnya, dibantu dengan koneksi internet. Tentu kemudahan konsumen untuk membeli produk dengan bantuan internet, memberikan keuntungan besar bagi para pelaku bisnis online. Tak heran jika saat ini banyak orang yang tertarik mencoba peruntungan dengan menjalankan bisnis melalui internet.

bisnis-online-dan-solusinya
Namun dibalik keuntungan yang diberikan, memutuskan untuk memulai bisnis di internet ternyata tidak selamanya mulus seperti yang kita bayangkan. Ada beberapa hambatan yang menjadi kendala kita, saat memulai usaha. Hal inilah yang membuat banyak orang akhirnya gulung tikar, dan meninggalkan usaha onlinenya. Karena mereka menyerah dengan kendala-kendala yang dihadapi selama menjalankan bisnis tersebut.

Kira-kira kendala apa saja yang dihadapi pelaku bisnis online..? Agar Anda bisa mengantisipasinya dari sekarang, berikut kami informasikan kendala bisnis online dan solusinya.

1. Banyaknya penipuan di dunia maya, membuat kepercayaan konsumen akan bisnis online masih kurang. Penipuan yang sering terjadi yaitu uang sudah dibayarkan namun produk tidak dikirimkan, atau kualitas produk tidak sesuai dengan gambar yang ditampilkan. Sehingga konsumen lebih sering kecewa jika mereka membeli produk secara online, dan lebih yakin membeli produk offline karena bisa melihat dan memegang langsung produk yang ingin dibelinya.

Solusi : untuk meyakinkan konsumen, cantumkan alamat lengkap dan contact person yang bisa dihubungi konsumen baik melalui chating, telepon atau sms. Selanjutnya, jaga kualitas produk yang Anda tawarkan. Serta lengkapi gambar produk dengan keterangan pendukung, misalnya saja jenis bahan yang digunakan, harga produk, tipe produk, ukuran produk, dll. Sehingga konsumen benar-benar memperoleh informasi secara detail.

2. Persaingan bisnis online yang sangat tinggi. Kemajuan teknologi, mendukung sebagian besar orang memasarkan produknya melalui internet. Jadi bisa dipastikan persaingannya sangat ketat, lihat saja peluang bisnis toko online, reseller produk, atau affiliate yang sudah dijalankan ribuan orang di berbagai negara.

Solusi : sebaiknya tawarkan produk yang memiliki keunikan tersendiri, jadi persaingannya tidak terlalu tinggi. Lalu, dukung dengan kegiatan promosi bisnis online seperti optimasi seo, memberikan konten gratis pada konsumen, memasang iklan baris atau baner di website/blog terkenal, bergabung dengan forum bisnis online, atau bisa juga dengan memasarkannya secara offline. Sehingga bisnis Anda semakin dikenal banyak orang.

3. Kendala koneksi internet. Bagi pelaku bisnis online yang tinggal di daerah kota, mungkin koneksi internet bukan menjadi kendala. Namun bagi rekan-rekan yang tinggal di daerah pinggiran, koneksi internet masih sangat terbatas.ilustrasi solusi untuk kendala bisnis online

Solusi : Anda bisa memanfaatkan modem internet yang saat ini sudah banyak diproduksi para provider komunikasi. Pilih modem yang sinyalnya memang bagus di daerah Anda, sehingga koneksi internet juga tidak terhambat. Untuk masalah biaya, tidak perlu khawatir karena saat ini biaya langganan internet sudah cukup terjangkau.

4. Terbatasnya pengetahuan tentang bisnis online. Banyak orang yang ikut-ikutan menjalankan bisnis affiliate atau membuka toko online, namun dia tidak mengetahui apa saja yang harus dilakukan untuk menunjang kesuksesan bisnisnya. Sehingga bisnis online yang dijalankan, hasilnya juga tidak optimal.

Solusi : untuk menambah pengetahuan, Anda bisa mempelajarinya dari buku bisnis online yang sudah banyak beredar di pasaran, atau bisa juga dengan mencari panduan serta mengikuti kursus online yang saat ini banyak ditawarkan oleh para pakar bisnis online dan pakar internet marketing.

Nah, setelah mengetahui solusi dari setiap kendala yang menghambat bisnis online. Anda tidak perlu ragu lagi untuk memulai bisnis di dunia maya. Yang terpenting, kuatkan tekad Anda karena setiap kendala pasti ada solusinya. Tunggu apa lagi? Action dari sekarang dan salam sukses.

Hal Yang Perlu Di Perhatikan Dalam Pemasaran UKM

Hal Yang Perlu Di Perhatikan Dalam Pemasaran UKM

Hal Yang Perlu Di Perhatikan Dalam Pemasaran UKM – Indonesia merupakan Negara berkembang yang terdiri dari beragam suku dan golongan. Sebagian besar dari mereka belakangan ini berusaha menjadi seorang entrepreneur dengan menjalankan usaha kecil menengah (UKM).

pemasaran-ukm
Ide bisnis yang dikembangkan oleh masyarakat Indonesia pun cukup banyak yang memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri. Namun, semenarik apapun juga ide bisnis UKM yang mereka miliki, tentu saja akan tetap membutuhkan sebuah strategi pemasaran yang brilian.

Sebuah strategi pemasaran yang baik agar bisa menjual produk atau jasa pastinya membutuhkan perencanaan serta pengetahuan tentang prinsip-prinsip pemasaran. Berikut ini adalah beberapa hal penting dalam sebuah pemasaran bisnis UKM yang perlu Anda ketahui.

Lakukan secara berulang

Pemilik usaha kecil menengah biasanya melihat suatu upaya pemasaran sebagai salah satu hal penting yang perlu dilakukan. Tugas tersebut membutuhkan waktu lama, namun langkah-langkah dalam pemasaran tersebut telah mewakili garis hidup sebuah perusahaan. Pemasaran jika dilakukan hanya sekali dan sedanya saja maka akan membuat arus kas stagnan atau tidak berkembang. Sedangkan upaya pemasaran yang dilakukan secara berulang-ulang akan menghasilkan penjualan yang sangat baik.

Teknik

Tenaga pemasaran yang profesional umumnya memahami sebuah dasar-dasar pemasaran. Testimonial serta dukungan dari kaum selebriti sudah mewakili satu kekuatan persuasi bahwa produk atau jasa ini telah digunakan oleh orang untuk mempengaruhi banyak orang.

Solusi

Materi untuk strategi pemasaran yang dirancang sebaiknya bisa menjual sebuah solusi atau jawaban, bukan barang maupun jasa. Sebagai contohnya saja, menjadi seorang penulis haruslah bisa memasarkan dirinya sebagai seseorang yang bisa memberikan atau memperbaiki suatu masalah, bukan sebagai seorang profesional kreatif yang mengesankan.

Kompleksitas

Mempublikasikan sebuah daftar periksa dan memandu rekan-rekan yang lain melalui labirin kompleks merupakan bagian dari strategi pemasaran. Sebuah daftar periksa disini mungkin akan menjelaskan suatu seluk-beluk teknologi yang baru, sebagaimana mestinya untuk bisa terlibat dalam pemasaran dan dapat menarik para pengunjung ke situs website Anda. Dasar-dasar dari optimasi mesin pencarian dan pemilihan kata kunci merupakan keterampilan yang harus dipelajari untuk bisa bertahan hidup dalam pemasaran di masa modern seperti sekarang ini.

Semoga informasi mengenai beberapa poin atau Hal Yang Perlu Di Perhatikan Dalam Pemasaran UKM diatas bisa memberikan banyak manfaat bagi Anda para pemula dan pemilik bisnis. Maju terus UKM Indonesia. Salam sukses!

Tips Menerapkan Manajemen Bisnis UKM Yang Benar

Tips Menerapkan Manajemen Bisnis UKM Yang Benar

Tips Menerapkan Manajemen Bisnis UKM Yang Benar : Permasalahan utama yang sering dihadapi oleh para pelaku UKM diantaranya berasal dari sisi manajemen usaha. Sebuah manajemen diyakini akan mampu dipergunakan untuk mencapai sasaran bersama melalui orang lain. Umumnya oleh para pengusaha kecil, justru manajemen kurang diterapkan karena semua hal masih dikerjakan sendiri. Yakni dari seluruh aspek manajemen mulai dari proses produksi, pemasaran, sumber daya manusia (SDM) hingga masalah manajemen keuangan.

2-9-tips-manajemen-bisnis-ukm

Pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) sebaiknya mulai mendelegasikan sebagian aspek dari manajemen usahanya ke pihak lain, sehingga pelaku usaha bisa mulai memikirkan pengembangan usaha agar usahanya dapat berkembang.

Selain itu, kendala lain yang sering dihadapi oleh para pelaku UKM diantaranya adalah dalam aspek manajemen keuangan. Manajemen keuangan untuk perusahaan besar tentu saja tidak cocok jika diterapkan pada perusahaan kecil sehingga tidak dapat disamakan. Kalau turn over-nya (penyerahan) harian dan penjualan dilakukan secara cash (tunai), maka sebaiknya pembelian juga secara tunai. Jangan sampai membeli barang dengan cara kredit dan dibayar kredit namun setelah jatuh tempo tidak dapat dibayar, karena dapat menyulitkan pengusaha itu sendiri.

Tips Pelaku UKM Dalam Menerapkan Sistem Manajemen

1. Tertib Administrasi
Manfaat manajemen bagi para pelaku UKM adalah sebagai upaya untuk mengembangkan usahanya sehingga mulai dari awal usaha mereka akan lebih tertib dalam administrasinya. Dengan begitu, setiap transaksi juga bisa dicatat kemudian direview. Kondisi yang biasanya terjadi adalah antara kepentingan bisnis dan juga kepentingan rumah tangga tercampur menjadi satu, sehingga dari sinilah peran manajemen usaha diperlukan.

2. Kreativitas
Pengembangan kreativitas dalam menjalankan sebuah usaha sangat diperlukan, karena biasanya ketika bisnis itu berdiri akan ada bisnis sejenis pada lokasi yang berdekatan. Pada saat itulah para pelaku UKM membutuhkan pengembangan kreativitas. Seperti halnya pada bisnis waralaba asing yang cukup kreatif, dengan adanya kreativitas yang terus berkembang maka akan membuat produk tersebut bernilai jual tinggi.

Misalnya saja untuk produk bisnis makanan jagung bakar, dengan adanya penambahan varian rasa dapat meningkatkan nilai jualnya. Bentuk kreativitas yang lain yang harus diperhatikan untuk meningkatkan nilai jual adalah penampilan produk dan juga lokasi atau tempat usaha.

Selain itu, pengembangan usaha juga bisa dilakukan dengan cara menggabungkan usaha. Misalnya Anda membuka usaha kuliner atau rumah makan, Anda dapat menggabungnya dengan usaha minimarket atau pusat oleh-oleh.

3. Fokus
Pengembangan usaha yang dilakukan oleh pelaku UKM sebaiknya disesuaikan dengan usaha yang telah ada, sehingga walaupun ada jenis usaha lain yang perkembangannya sangat bagus, Anda harus tetap menyesuaikannya dengan kondisi usaha yang sebelumnya. Misalnya saja usaha kios yang dikembangkan bersamaan dengan usaha wartel.

Tidak ada salahnya para pelaku UKM mencoba untuk menerapkan sistem manajeman bisnis tersebut. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.